Vanili Pun Terkena Dampak Covid-19

Tanaman vanili yang menjadi komoditi yang diminati karna harganya yang menggiurkan , kini juga harus terpuruk karena wabah Covid-19.

Kondisi jangka tànam yang cukup lama sekita tujuh sampai sembilan bulan, tentu bila tak dijual tepat waktu maka vanilinya rusak dan tidak berkualitas baik, otomatis harga Anjlok.

Di Palopo khususnya vanili, para petaninya membentuk kelimpok tani, tani beberapa.orang petani atau peternak yang mqenghimpun diri dalam suatu kelompok karena memiliki keserasian dalam tujuan, motif, dan minat. Kelompok tani dibentuk berdasarkan surat keputusan dan dibentuk dengan tujuan sebagai wadah komunikasi antarpetani.

Di wilayah Kelurahan Lebang, Kecamatan Wara Barat Kota Palopo, tempat aktifitas Kelompok Tani Beringin Mangngulawa, yang di Kordinir oleh Badaruddin sebagai ketuanya, dengan anggota sebanyak 25 orang.

Kelompok tani Beringin Mangulawa cukup kreatif menyikapi wabah covid-19, mereka menanam tanaman jangka pendek, untuk menyambung hidup, karena sistim pembatasan wilayah tentu sangat berdampak pada petani vanili.

Comment