SMPN 3 Palopo Gagas Model Tanam Hidroponik

SMPN 3 Palopo Gagas Model Tanam Hidroponik

Drs.H.Basri. M Spd.M. Pd Wakil Kepala Sekolah SMP N 3 Palopo memperlihatkan contoh bagaimana menanam dengan Sistem NFT Hidroponik Sederhana. Konsep dasar NFT (NUTRIENT FILM TECHNIQUE) ini adalah suatu metode budidaya tanaman dengan akar tanaman tumbuh pada lapisan nutrisi yang dangkal dan tersirkulasi sehingga tanaman dapat memperoleh cukup air, nutrisi dan oksigen.

Tanaman hidroponik model NFT dan yang di jerigen model wiik semuanya tanpa menggunakan tanah, tanaman hidroponik banyak sekali manfaatnya, yakni 1. Mudah menanam dan memeliharanya, 2. Bebas dari zat kimia, 3. Masa panen sangat cepat, 4. Medianya dapat digunakan berulang ulang, 5 . Tanaman ini tidak memerlukan penyiraman karena sudah dirancang agar air dapat mengalir melalui sumbu yang berperan sebagai kapilaritas batang..
Tugas ini merupakan penugasan untuk siswa kelas 9 sebagai tugas US yang berbasis proyek.

Pengertian hidroponik itu cara menanam tumbuhan atau tanaman dengan menggunakan air.

Ini adalah rancangan untuk membuat media tanam untuk tumbuhan yang merambat seperti kacang panjang, ketimun, malewa, gambas dan lain-lain, tanaman ini termasuk Hortikultura karena medianya menggunakan tanah .

Manfaatnya selain indah dipandang juga bisa menghasilkan buah yang lebat dan besar. Tanaman ini hanya menggunakan Nutrisi sebagai sumber makanan tanaman ini

Merurut Wakasek SMP 3 ini kepada spiritsulawesi.com , bahwa ingin menjadikan sekolah ini menjadi sekolah Healthy and Green itulah motto kami, seiring dengan program pencanangan kota Palopo yaitu ingin mendekatkan Dapur dan pasar.

Comment