Malam Ramah Tamah HKN Ke-59 Dirangkaikan Pemilihan Putri Kesehatan 2023

Palopo – PLH Sekda Kota Palopo Ilham Hamid. SE., M.Si. mewakili Pejabat Walikota Palopo Asrul Sani, SH., M.Si menghadiri Malam Ramah Tamah Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke – 59 yang dirangkaian dengan pemilihan Putri Kesehatan se Luwu Raya Tahun 2023 di Gedung Meredeka Convention Hall (MCH) Kota Palopo, Jum’at 10 November 2023.

Latar belakang kegiatan berdasarkan UUD Republik Indonesia No.36 Tahun 2009 tentang kesehatan, mengamanatkan pembangunan ditujukan untuk meningkatkan kesadaran kemauan dan kemampuan hidup bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya sebagai investasi bagi pembangunan SDM yang produktif secara sosial dan ekonomi.

Ketua Panitia Pelaksana HKN ke-59 San Ashari, S.KM.,M.Kes mengatakan Kesehatan sebagai hak asasi manusia dan salah satu unsur kesejateraan yang menjadi tangung jawab setiap orang, keluarga, masyarakat serta didukung oleh pemerintah.
Adapun tema HKN ke-59 ini ialah “transformasi kesehatan untuk Indonesia maju” dengan tujuan membangun kesadaran masyarakat Indonesia tentang pentingnya kesehatan dan bagaimana melaksanakan perilaku hidup sehat dan bersih.
Lanjutnya melaporkan Waktu pelaksanaan kegiatan HKN ke 59 tingkat Kota Palopo dimulai dari tnggal 7 – 13 November 2023 yang diisi dengan kegiatan bakti sosial pemberantasan sarang nyamuk yang dilaksanakan secara serentak bersama-sama dengan tim puskesmas dan institusi kesehatan para dosen dan mahasiswa, di isi juga dengan beberapa pertandingan berupa futsal, pertandingan bulu tangkis putra dan putri lomba bakiak putra dan putri, lomba kasti putri, lomba lari karung estafet, lomba menyanyi kategori umum pimpinan instansi dan institusi kesehatan , senam bersama, lomba cipta menu germas dan pemilihan putri kesehatan se-Luwu Raya yang dilanjutkan dengan Carnaval dan jalan santai.

Sementara itu sambutan kepala dinas Kesehatan Kota Palopo Irsan Anugrah, S.KM., M.M melaporkan dalam semua rangkaian kegiatan yang ada panitia pelaksana hanya menyiapkan persipan dalam waktu 3 minggu dan Alhamdulillah bisa berjalan dengan baik dan lancar.
Ucapan terimah kasih kepada Walikota Palopo, panitia pelaksana dan seluruh sponsor kegiatan, dirinya menyampaikan bahwa tujuan pelaksnaan kegiatan malam ramah tamah ini merupakan bentuk rasa syukur selaku insan kesehatan bahwa terlibat secar aktif dalam pembangunan dan pelayanan kesehatan yang bermutu di Kota Palopo.

Sebagai kepala dinas kesehatan Kota Palopo melaporkan bahwa dalam 1 tahun terkahir ini Kota Palopo telah mendaptakn capain-capaian yang membanggakan diantaranya Kota Palopo telah menjadi Kota wisata kesehatan dengan jumlah 7 rumah sakit yang ada dan 12 puskesmas yang tersebar dibeberapa kecamatan didukung dengan laboratorium kesehatan daerah, UPT jemput antar yang membersamai Pemerintah dalam pelayanan kesehatan di Kota Palopo, Kota Palopo ditahun ini juga mendapatkan predikat Universal Health Coverage (UHC).

“kita tidak perlu khawatir lagi kalau ada masyarakat kita yang terlantar untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, karena Kota Palopo sudah berstatus Universal Health Coverage (UHC)” ungkapnya.
“tidak ada lagi masyarakat kita yang tidak dijaminkan oleh jaminan kesehatan nasional” tambah Kadis kesehatan Irsan Anugrah.

Adapun terkait dengan stunting Kadis Kesehatan Irsan Anugrah juga melaporkan bahwa Pj Walikota Palopo telah mencanangkan gerakan semesta stunting, semua elemen lembaga-lembaga yang ada di Kota Palopo berkolabirasi bersama dan terlibat secara aktif dalam melakukan penanganan dan pencegahan penyakit stunting di Kota Palopo.

Sambutan tertulis Pj Walikota Palopo yang disampaikan oleh PLH Sekda Kota Palopo Ilham Hamid. SE., M.Si. menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini diharapkan bisa mendukung salah satu program unggulan bapak Pj Walikota Palopo adalah bagaimana Kota Palopo ditahun 2024 terbebas dari stunting, dari data yang ada masih ada 228 anak kita yang masih terkena stunting sehingga diharapkan program unggulan bapak Walikota dalam APBD tahun 2024 itu Kota Palopo sudah Zero stunting dan program selanjutya ialah Kota Palopo terbebas dari kemiskinan extrim,
Lanjutnya meyampaikan di tahun 2024 juga program unggulan Walikota ialah memasatikan bahwa pemilu tahun 2024, pemilu legislatif, presiden, gubernur, bupati/walikota berjalan dengan aman, sebagai tambahan informasi bahwa Pj Walikota Palopo dalam interfal waktu beberapa bulan terkahir
akan dievaluasi oleh Pj Gubernur Sulawesi-selatan dan Kemendagri, oleh sebab itu bagaimana program unggulan yang ada itu didukung oleh penuh oleh perangkat daerah, salah satunya adalah bagaimana kita bisa menjaga fluktuasi pergerakan inflasi sesuai arahan bapak Presiden melalui beberapa kepala daerah baik itu gubernur Walikota/Bupati di Istana kepresiden beberapa minggu yang lalu.

“saya analogikan bahwa fluktuasi inflasi ini seperti orang demam, kedinginan tidak baik, kepanasan juga tidak baik jadi kita baiknya berada di posisi tengah atau inflasi dalam artian bisa dijaga dan ditasi secara bersama-sama agar tetap dalam posisi stabil” kata Ilham Hamid mewakili Walikota.

Malam Ramah Tamah Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke – 59 yang dirangkaian dengan pemilihan Putri Kesehatan se Luwu Raya Tahun 2023 diharapkan bisa memberikan pemahaman agar harapan para putri kesehatan ini dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat pentingnya hidup sehat dari berbagai aspek sehingga dengan adanya duta-duta kesehatan seluruh masyarakat di Kota Palopo dapat terhindar dari berbagai ganggun kesehatan, Pemerintah Kota Palopo akan terus mendukung kegiatan seperti ini sehingga nantinnya bisa maksimal dalam tugas dan fungsi yang diberikan.

Hadir pada kegiatan ini, Pj Ketua TP-PKK Provinsi Sulawesi-selatan dan Pj Ketua TP-PKK Kota Palopo, Asisten Bidang Pembangunan Setda Kota Palopo, Unsur Forkopimda Kota Palopo, Ketua Orgnisasi Kesehatan Kota Palopo, Tenaga Kesehatan se- Kota Palopo, kepala cabang BPJS Kota Palopo dan tamu undangan lainnya.

Comment