Persiapan Pelaksanaan Sholat Idhul Adha Di Palopo, Ini Pesan Walikota

PALOPO. Spiritsulawesi – Pemerintah Kota Palopo menggelar rapat persiapan pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1441 H / 2021 M, yang dilaksanakan di Ruang Pertemuan Ratona Kantor Walikota Palopo. Selasa, 13 Juli 2021. 
Rapat tersebut, dipimpin langsung oleh Walikota Palopo Drs. H.M. Judas Amir, M. H. 

Dia Judas Amir, menuturkan, bahwa dalam kondisi seperti ini, bagaimana masyarakat bersama-sama dengan pemerintah, untuk melakukan sesuatu yang terbaik.

” Untuk melakukan sesuatu yang terbaik. Karena itu, Alhamdulillah, kemarin kita diberi petunjuk oleh unsur Ulama Besar, untuk masing-masing menjaga diri dan daerah kita, ” Tutur Judas. 
Judas Amir, mengungkapkan, mempertimbangkan kondisi masyarakat, jika shalat Idul Adha diadakan di masjid ataupun di lapangan terbuka.

” Mempertimbangkan kondisi masyarakat, berpotensi menimbulkan kerumunan dan juga ada pemotongan hewan kurban, itu juga menimbulkan kerumunan, ” Ungkapnya. 
Sementara itu, Kapolres Palopo AKBP. Alfian Nurnas, mengungkapkan, bahwa sesuai instruksi Kemendagri, kita berharap di Palopo ini, bisa berubah zonanya, yang dari orange menjadi hijau, dan mudah-mudahan bisa berubah. 

” Mudah mudahan bisa berubah, walaupun nanti terjadi di masjid ataupun di lapangan, tetap harus mematuhi protokol kesehatan, ” Ungkap Alfian. Selain itu, Kapolres juga menghimbau untuk para aparat pemerintah, agar menyampaikan kepada seluruh masyarakat. 
” Agar menyampaikan kepada seluruh masyarakat, untuk selalu memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan, ” Imbau Nurnas. 
Diakhir rapat tersebut, Walikota Palopo, kembali menjelaskan, jika tanggal 18 nanti Palopo masih zona orange.
” Jika tanggal 18 nanti Palopo masih zona orange, maka kita kembali melihat lagi surat edaran dari pemerintah, “Jelasnya.
Untuk sementara kita belum bisa memutuskan untuk melaksanakan shalat di masjid atau di rumah. 
” Untuk sementara kita belum bisa memutuskan. Itu semua, tergantung dari kerja keras kita kedepannya, ” Pungkas Judas Amir. 
Rapat akan dilanjutkan pada hari Minggu 18 Juni 2021 siang, setelah shalat duhur, terkait ditetapkannya tempat untuk melaksanakan Shalat Idhul Adha. 
Turut hadir dalam rapat tersebut Unsur Forkopimda, Kepala MUI Kota Palopo,Rektor IAIN Palopo, Kepala KUA Se -Kota Palopo serta para penyuluh.

Comment