Dialog Forkopimda Bersama Masyarakat Temalebba, Bahas ‘Mantib’

Walikota Palopo Drs. H. M. Judas Amir, MH dialog bersama unsur forkopimda dan tokoh masyarakat terkait dengan kondisi keamanan dan ketertiban (Mantib) kelurahan Temmalebba yang dilaksanakan di Halaman Kantor Lurah Temmalebba, Kecamatan Bara, Kamis 25 Juni 2020.

Dalam arahannya Walikota Palopo Drs. H. M. Judas Amir, MH menyampaikan Pertemuan ini merupakan pertemuan para tokoh dan sebagai tokoh masyarakat harusnya menempatkan dirinya sebagai tokoh karena bersatunya masyarakat karena adanya tokoh yang dapat memberikan sesuatu yang baik untuk lingkungannya.

Karena itu setiap tokoh masyarakat dalam menyampaikan segala sesuatunya dengan bijak karena tidak ada peristiwa tanpa kekeliruan untuk itu marilah kita mencari solusi bersama agar hal ini tidak terjadi lagi kedepannya”.

Walikota juga menegaskan kepada semua tokoh masyarakat jangan ada yang ikut dalam permasalahan tapi tempatkan diri sebagai orangtua, panutan jika ini telah berjalan dengan baik maka hal yang tidak di inginkan tidak akan terjadi lagi, tentu hal yang baik itu kita implementasikan ke masyarakat.

Oleh karena itu janganlah kita melakukan hal yang tidak ada manfaatnya jika yang satu keliru yang lain jangan ikut keliru, fungsikan RT/RW dengan baik”.

Kejadian ini merupakan kegagalan kita bersama, mengapa hal ini terjadi karena kita lalai seharusnya kita memperingati sebelum hal ini terjadi, marilah kita bicara bersama mencari solusi berbicara dengan baik agat kekhawatiran masyarakat tidak terjadi lagi”.

Di kesempatan yang sama Kapolres Kota Palopo AKBP. Alvian Nurnas, SH., S.I.K, menyampaikan Semua kegiatan yang dilaksanakan kuncinya adalah aman jika semua kegiatan sudah aman semuanya dapat kita laksanakan dengan baik dan dengan aman juga kita dapat bekerja, anak-anak dapat sekolah dan juga kita dapat silaturahmi dengan keluarga.

Tapi jika lingkungan kita tidak aman keluar pun kita khawatir, aman ini bukan hanya tugas aparat keamanan tapi melibatkan seluruh stakeholder saling koordinasi, kerjasama sehingga terbentuk kolaborasi sehingga niat kita bersama adalah menjaga keamanan”. Ujarnya

Negara kita adalah negara hukum segala tindakan yang melanggar hukum ada sanksinya jika ada laporan tentu kita akan proses sesuai dengan hukum yang berlaku.

Jadikan ini suatu pelajaran bahwa jika kita melakukan sesuatu pasti akan ada konsekuensinya jika melanggar hukum untuk itu marilah kita menjaga kota palopo agar kota kita aman, nyaman dan damai”.

Kepada semua tokoh masyarakat dan seluruh stakeholder marilah kita saling bersinergi agar semua dapat kita selesaikan bersama dan janganlah lakukan tindakan yang bertentangan dengan hukum”. Ungkapnya

Ketua Pengadilan Negeri Palopo Hasanuddin M, SH., MH di kesempatan itu pula menyampaikan Marilah kita bersama mencari solusi agar permasalahan ini dapat diselesaikan, permasalahan ini juga muncul biasanya karena adanya motif lain seperti dendam yang terjalin cukup lama atau ada salah satu masalah yang meminta bantuan temannya sehingga ada aksi balas dendam.

Orang yang melakukan tindak pidana di masyarakat tidak lepas dari kegagalan orangtua yang mendidik anaknya sebaiknya jangan saling menyalahkan tapi bagaimana kita mengambil peran bagaimana kita menghindarinya.

Marilah kita intropeksi diri menyelesaikan bersama dan berharap masalah yang terjadi dapat diselesaikan di tingkat camat, lurah, rt/rw jika memang sudah tidak bisa dapat diselesaikan secara hukum”. Tandasnya

Turut hadir pula Sekretaris Daerah Kota Palopo Drs. Firmanza DP, SH., M.Si, Wakil Ketua II DPRD Kota Palopo, Irvan Majid, ST, Asisten I Bidang Pemerintahan Drs. H. Burhan Nurdin, M.Si, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Palopo Taufik, S. Kep. Ners, Para Lurah dan Camat serta para tokoh masyarakat. (*)

Comment